Orthodontik


Perawatan Orthodontik atau yang lebih dikenal dengan perawatan kawat gigi (behel), bertujuan untuk merapikan gigi, memperbaiki oklusi, memperbaiki penampilan, dan juga untuk meningkatkan kesehatan mulut.




Perawatan Orthodonti terbagi dalam 2 jenis, yaitu perawatan orthodonti lepasan dan cekat.
Perawatan Orthodonti lepasan biasanya digunakan pada anak-anak dalam periode gigi susu maupun periode gigi campur. Sedangkan perawatan orthodonti cekat, digunakan pada anak usia remaja maupun dewasa.
Sebelum memulai perawatan, biasanya akan dilakukan pemeriksaan awal, mulai dari gigitan awal, foto intra oral dan extra oral, foto radiologi (panoramik dan cephalometri).

Perawatan Orthodonti cekat, terdiri dari bracket yang menempel pada gigi, kawat yang digunakan untuk memberikan tekanan pada gigi, dan karet untuk mengikat kawat dan bracket. Dengan tekanan yang sesuai pada setiap gigi, akan menggerakan gigi pada posisi yang benar.


Setelah perawatan selesai, pasien harus menggunakan retainer yg terbuat dari akrilik dan kawat stainless,  untuk mejaga gigi tetap di posisinya yang baru sampai jaringan pendukung (gusi dan tulang) mengelilingi gigi. Lama pemakaian retainer tergantung dari masing-masing kasus.

Related Post

Next
Previous
Click here for Comments

1 comments:

avatar

Dok, mau nanya..
Beberapa thn lalu saya pernah pakai kawat gigi, setelah 3 thn pakai saya lepas dan setelah lpas saya tidak menggunakan retainer untuk perawatan tahap selanjutnya.
Kemudian bberapa thn kemudian, gigi kembali ke bsntuk awal yg tidak rapi.
Pertanyaannya, bisakah saya kembali menggunakan kawat gigi dg menggunakan bracket yg pernah d pakai pada saat awal ? Lalu apakah ada dampak menggunakan kawat gigi untuk yg kedua kalinya ?
Makasih dok